Menu

Mode Gelap

Berita Β· 20 Sep 2023 13:22 WIB

Tambang Galian Golongan C Rugikan Warga di Bontotene Bontomarannu Gowa


 Ilustrasi Galian Ilegal Perbesar

Ilustrasi Galian Ilegal

Gowa, Publikapost.com – Sejumlah Warga Bontotene Protes adanya Tambang Galian Gologan C yang sudah beroperasi cukup lama apalagi dimusim panas.

Menurut informasi dari sejumlah masyarakat kepada media belakangan ini debu bertebaran menyelimuti rumah warga sepanjang jalan poros Hamza Daeng Ngango Bontotene, Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa, Rabu (20/09/2023).

Selain itu menurut Informasi yang kami terimah sudah ada warga yang terindikasi penyakit Ispa lantaran volusi cuaca yang sudah tidak sehat yang berbaur dengan debu.

“sudah ada beberapa merasa terganggu dan mengalami batuk dan sesak,” ucap warga sekitar yang enggan disebutkan.

Hingga berita ini tayang pihak media mencoba melakukan klarifikasi kepada pemilik tambang namun tak pernah ditemui dilokasi.

Selain itu Warga Bontotene berharap agar pihak Pemerintah yang terkait agar segera mengambil tindakan agar tidak ada yang dirugikan utamanya masyarakat karena sudah mengancam kesehatan warga, juga Masyarakat sangat mengeluhkan kepada para Sopir trukΒ  tambang karena saat mereka melintas tidak ada yang pelan pelan mereka melaju dengan kecepatan tinggi dan bahkan mereka sengaja, keluh warga.

“Jika kita melihat dari lokasi jalan poros Hamza Daeng Ngago Bontotene ada diantaranya sekolah dan Pondok Pesantren Ada SD Songkolo yang setiap harinya murid muridΒ  keluar masuk sekolah dan sangat membahayakan karena truk tersebut tidak memakai perasaan Mengemudi , yang kami takutkan adalah jangan sampai ada korban yang ditabrak maka perlunya diantisipasi,” harap warga.

Lanjut warga, kami juga meminta agar Pihak Penegak Hukum segera memeriksa Ijin Tambang yang selama ini beroperasi di Bontotene tepatnya dibelakang SD Inpres Songkolo, selain ijin tambang warga juga menambahkan bahwa bukan hanya Ijin Tambang yang dipertanyakan tetapi ijin Amdal juga ikut dipertanyakan.

“Apakah pihak Pengusaha tambang sudah mengantongi IjinΒ  Amdal, karena disini sangat terasa dampak lingkungan yang buruk,” terangnya. (Hf/Algifari)

Artikel ini telah dibaca 50 kali

Baca Lainnya

Kota Pariaman Jadi Lautan Manusia Saksikan Festival Budaya Pesta Tabuik

22 Juli 2024 - 03:17 WIB

Bertemu Anies Baswedan, Relawan Arta Serahkan Kartu Jakarta BahagiaΒ 

22 Juli 2024 - 03:09 WIB

Bermitra Dengan Polri, Pokdarkamtibmas Resor Metro Tangerang Kota Laksanakan Musres Ke – V

21 Juli 2024 - 15:49 WIB

Jajaki Magang Dosen dan Pertukaran Mahasiswa, UNUJA Kerja Sama dengan Shandong Foreign Trade Vocational College

20 Juli 2024 - 12:22 WIB

Padang Pariaman Berhasil Meraih Juara Kategori, Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2024

19 Juli 2024 - 20:03 WIB

Tim Kenziro Medan Nyatakan Dukungan Penuh untuk El Adrian Shah sebagai Calon Walikota Medan 2024

19 Juli 2024 - 13:40 WIB

Trending di Berita