Menu

Mode Gelap

Berita · 15 Jun 2024 18:00 WIB

Melalui Kirab Budaya Nusantara, SDN 5 Kendit Wujudkan Generasi Milenial Berkarakter Dan Memiliki Budaya Nusantara


 Melalui Kirab Budaya Nusantara, SDN 5 Kendit Wujudkan Generasi Milenial Berkarakter Dan Memiliki Budaya Nusantara Perbesar

Melalui Kirab Budaya Nusantara, SDN 5 Kendit Wujudkan Generasi Milenial Berkarakter Dan Memiliki Budaya Nusantara

Situbondo,Publikapost.com – Keberagaman Kebudayaan daerah merupakan kekayaan dan identitas bangsa yang sangat diperlukan untuk memajukan Kebudayaan Nasional Indonesia di tengah dinamika perkembangan dunia.

Menanamkan cinta tanah air Indonesia sejak dini terutama Budaya Nusantara menjadi sangat penting dan mendasar agar tumbuh semangat dan jiwa nasionalisme, terutama di kalangan pelajar sekolah dasar.

Hal tersebut yang menjadi latar belakang SDN 5 Kendit menginisiasi penyelenggaraan Pawai Budaya dengan mengusung tema “Mewujudkan Generasi Milenial Yang Berkarakter Dan Memiliki Budaya Nusantara” pada Sabtu sore, (15/07/2024)

Pawai budaya dilaksanakan oleh para siswa bersama guru dan orang tua siswa dengan mengusung visi kesenian dan kebudayaan.

Sri Hartatik selaku Kepala Sekolah SDN 5 Kendit menyampaikan bahwa Pawai Budaya Nusantara ini merupakan agenda tahunan bersamaan dengan pelepasan siswa kelas VI SDN 5 Kendit.

“Kami melaksanakan pawai budaya dalam bentuk kirab dengan melibatkan seluruh siswa, mulai dari kelas satu hingga kelas enam dengan menyuguhkan minat dan bakat siswa.” ujarnya.

Kepala Sekolah beserta Guru SDN 5 Kendit

Selain itu, Kepala Sekolah Dasar Negeri 5 Kendit menambahkan bahwa dari pawai budaya ini diharapkan siswa bisa mengidentifikasi berbagai kultur kebudayaan Indonesia.

“Kita berharap para siswa bisa mengidentifikasi, mempelajari, dan mengapresiasi seni dan budaya nusantara sebagai bekal untuk menghargai perbedaan dan toleransi,” tambahnya.

Masih kata Sri Hartatik pihaknya gembira dengan pelaksanaan pawai budaya ini. Menurutnya kegiatan ini merupakan wujud kerja kolaborasi dari seluruh unsur yang ada di sekolah dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat dilingkungan sekolah.

“Sebagai generasi milenial, pelajar harus terus bersemangat mengisi kemerdekaan dengan belajar yang giat dan mencintai budayanya, “ ungkapnya.

Siswa Siswi Kelas VI SDN 5 Kendit

Pawai ini melibatkan sekitar puluhan peserta, terdiri dari siswa, guru dan orang tua siswa dengan menggunakan pakaian adat Nusantara dan festival carnival. (Dee)

Artikel ini telah dibaca 23 kali

Baca Lainnya

Kota Pariaman Jadi Lautan Manusia Saksikan Festival Budaya Pesta Tabuik

22 Juli 2024 - 03:17 WIB

Bertemu Anies Baswedan, Relawan Arta Serahkan Kartu Jakarta Bahagia 

22 Juli 2024 - 03:09 WIB

Bermitra Dengan Polri, Pokdarkamtibmas Resor Metro Tangerang Kota Laksanakan Musres Ke – V

21 Juli 2024 - 15:49 WIB

Jajaki Magang Dosen dan Pertukaran Mahasiswa, UNUJA Kerja Sama dengan Shandong Foreign Trade Vocational College

20 Juli 2024 - 12:22 WIB

Padang Pariaman Berhasil Meraih Juara Kategori, Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2024

19 Juli 2024 - 20:03 WIB

Tim Kenziro Medan Nyatakan Dukungan Penuh untuk El Adrian Shah sebagai Calon Walikota Medan 2024

19 Juli 2024 - 13:40 WIB

Trending di Berita