Menu

Mode Gelap

Berita · 27 Jun 2023 15:53 WIB

Sapi Kurban Idul Adha Berbobot 1.030 Kilogram Dibeli Jokowi, Begini Cerita Pemiliknya


 [Sumber Foto: www.ilmuternak.com] Perbesar

[Sumber Foto: www.ilmuternak.com]

Publikapost.com, Yogyakarta – 29 Juni 2023 menjadi peringata akbar warga Indonesia khususnya umat islam dalam kehidupan dunia. Pada waktu itu perayaan Idul Adha 1444 H dilaksakan secara serentak dan disambut antusias. Pelbagai hal dilakukan untuk menyambut ibadah tahunan tersebut terutama berkurban hewan seperti sapi dan kambing.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan seekor sapi kurban Idul Adha kepada Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Selasa, 27 Juni 2023. Sapi dari Jokowi itu diketahui berjenis Angus atau Aberdeen Angus dengan bobot 1.030 kilogram dan berusia 3,5 tahun.

Menukil tempo.com, M. Badar Kurniawan, pemilik sapi, mengatakan sapi yang dibesarkan di Kutu Tegal, Sinduadi, Mlati, Sleman Yogyakarta tersebut telah dibeli Presiden Jokowi dengan harga Rp 107.500.000. Ia pun menceritakan alur pemilihan sapi itu hingga dipilih tim presiden untuk kurban tahun ini.

“Saat awal bisa dipilih tim presiden, dari dinas tidak memberikan spesifikasi khusus, hanya dari pihak puskesmas hewan bilang sedang mencari sapi yang masuk kriteria Pak Presiden,” kata Badar.

Sapi milik Badar sempat mengikuti semacam seleksi ketika petugas dari Balai Besar Veteriner Wates Yogyakarta dan provinsi mengambil sampel dari sapi untuk diperiksa di laboratorium sebelum dinyatakan sehat.

“Kemudian kami dikonfirmasi lagi bahwa sapinya sehat dan dilaporkan kepada Sekretariat Presiden sampai akhirnya dibeli,” kata Badar.

Sapi Angus diketahui berasal dari dataran tinggi Skotlandia dan memiliki ciri khas bulu keriting berwarna hitam. Sapi itu tidak memiliki punuk dan tidak memiliki tanduk.

Jenis sapi ini memiliki kelebihan masa pertumbuhan yang cepat, mutu karkas yang tinggi dan umur pemotongan yang tidak lama.

Daftar masjid penerima sapi Presiden Jokowi itu, yakni Masjid Al Falaq yang berada di Desa Singkil, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Selain satu ekor sapi dari Jokowi, ada 9 ekor sapi yang berasal dari Gubernur-Wakil Gubernur DIY yang diserahterimakan untuk dibagikan ke masjid di lima kabupaten/kota se DIY.

Kepala Biro Bina Mental Spiritual Sekretariat DIY Djarot Margiantoro mengatakan sapi dari Gubernur-Wakil Gubernur DIY didistribusikan, antara lain ke Masjid Gedhe Kauman, Masjid Nurul Haq Sleman, Masjid Pangeran Diponegoro Kota Yogyakarta, Masjid Al Furqon Kulon Progo, Masjid Al Ma’ruf Gunungkidul dan Masjid Baiturrahman Bantul. Adapun sapi Wakil Gubernur DIY diberikan ke Masjid Puro Pakualaman.

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Padang Pariaman Berhasil Meraih Juara Kategori, Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2024

19 Juli 2024 - 20:03 WIB

Tim Kenziro Medan Nyatakan Dukungan Penuh untuk El Adrian Shah sebagai Calon Walikota Medan 2024

19 Juli 2024 - 13:40 WIB

Direktorat Penyidikan Jampidsus Kembali  Tetapkan 7 Orang Tersangka Baru Terkait Perkara Komoditi Emas

19 Juli 2024 - 13:37 WIB

Pemkab Padang Pariaman Berhasil Mengatasi Inflasi Kemenkeu RI Kucurkan DIF Tahun 2024 

18 Juli 2024 - 23:35 WIB

Komisi IV DPRD Medan Sidak Bangunan Bermasalah Bersama Ketua LSM Penjara Sumut Adi Lubis Dukung Dongkrak PAD

18 Juli 2024 - 23:32 WIB

Tingkatkan Kerjasama Global, UNUJA Gandeng Jiangsu Agri-Animal Husbandry China

18 Juli 2024 - 11:16 WIB

Trending di Berita